Breaking News:

Virus Corona

Jika Sudah Pernah Terpapar Covid-19 dan Sembuh, Adakah Peluang Terinfeksi Lagi dengan Varian Delta?

Seberapa kuat kekebalan seseorang yang pernah terpapar Covid-19 sebelumnya, untuk bisa terlindungi dari penularan virus corona varian delta?

Penulis: Rizki A. Tiara | Editor: Rohmana Kurniandari
TRIBUNNEWS/JEPRIMA
Ilustrasi melonjaknya kasus Covid-19. Seberapa kuat kekebalan seseorang yang pernah terpapar Covid-19 sebelumnya, untuk bisa terlindungi dari penularan virus corona varian delta? 

TRIBUNTERNATE.COM - Di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum juga berakhir, banyak hal yang harus kita waspadai, satu di antaranya adalah kemunculan varian baru virus corona penyebab penyakit tersebut.

Saat ini, salah satu varian baru virus corona yang menjadi sorotan adalah varian Delta atau B.1.617.2 yang muncul karena adanya mutasi virus.

Virus corona varian Delta telah merebak ke berbagai negara di dunia, tak terkecuali Indonesia, dan menyebabkan lonjakan kasus infeksi.

Dengan potensi penularan yang lebih tinggi ketimbang varian virus corona awal, muncul pertanyaan apakah seseorang yang pernah terpapar Covid-19 dan sembuh, dapat terinfeksi lagi oleh virus corona varian Delta?

Diketahui, pada awal Juli 2021 lalu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengumumkan bahwa Delta sekarang menjadi varian virus corona paling dominan di Amerika Serikat.

Yakni, terhitung sekitar 51 persen dari semua kasus infeksi baru.

Baca juga: Peneliti MIT: Sekolah Butuh Lebih dari Udara Terbuka untuk Cegah Penularan Covid-19

Baca juga: Sertifikat Vaksin Covid-19 Bisa Didownload di PeduliLindungi, Segera Kirim Email Jika Belum Muncul

Baca juga: Menkes RI Minta Masyarakat Tidak Pilih-pilih Vaksin Covid-19: Semuanya Punya Manfaat yang Sama

ILUSTRASI vaksin Covid-19.
ILUSTRASI vaksin Covid-19. (europeanpharmaceuticalreview.com)

Sejumlah vaksin yang tersedia saat ini, seperti Pfizer, Moderna, AstraZeneca, dan Johnson & Johnson mampu bekerja dengan baik melawan berbagai varian virus corona, termasuk varian delta.

Vaksin tersebut juga dapat mencegah gejala penyakit yang parah, rawat inap (hospitalisasi), dan kematian akibat Covid-19.

Selain vaksin, diketahui pula orang yang sembuh dari Covid-19 telah memiliki antibodi khusus yang dapat melawan virus.

Lalu, seberapa kuat kekebalan seseorang yang pernah terpapar Covid-19 sebelumnya, untuk bisa terlindungi dari penularan virus corona varian delta?

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved