Breaking News:

Sama-sama Gunakan mRNA, Mengapa Perlindungan Moderna Lebih Tinggi & Tahan Lama Dibanding Pfizer?

Meskipun sama-sama menggunakan metode mRNA, mengapa perlindungan vaksin Moderna lebih tinggi dan tahan lama dibandingkan Pfizer?

AFP
Ilustrasi vaksin Covid-19 Moderna - Meskipun sama-sama menggunakan metode mRNA, mengapa perlindungan vaksin Moderna lebih tinggi dan tahan lama dibandingkan Pfizer? 

TRIBUNTERNATE.COM - Sebuah studi baru yang dirilis oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 Moderna memberikan perlindungan jangka panjang yang lebih baik terhadap gejala berat dibandingkan Pfizer.

Peneliti CDC melakukan analisis terhadap hampir 3.689 orang dewasa yang dirawat di rumah sakit dengan Covid-19 parah dari 11 Maret hingga 15 Agustus 2021.

Periode tersebut adalah sebelum munculnya lonjakan kasus karena varian Delta serta setelah lonjakan kasus karena varian Delta.

Melansir The Strait Times, Sabtu (18/9/2021), secara keseluruhan, 12,9 persen pasien divaksinasi penuh dengan vaksin Moderna, 20 persen divaksinasi dengan Pfizer-BioNTech, dan 3,1 persen divaksinasi dengan Johnson & Johnson (J&J).

Selama seluruh periode, vaksin Moderna 93 persen efektif melawan gejala berat, Pfizer 88 persen efektif, dan J&J 68 persen efektif.

Turunnya kemanjuran terhadap gejala berat untuk Pfizer sangat jelas, yakni turun dari 91 persen dalam 14-120 hari setelah vaksinasi, dan menjadi 77 persen lebih dari 120 hari setelah vaksinasi.

Baca juga: Perlindungan Vaksin Pfizer terhadap Covid-19 Gejala Berat Menurun Setelah 4 Bulan, Moderna Stabil

Baca juga: Penelitian: Vaksin Covid-19 mRNA Tidak Berisiko Menyebabkan Keguguran pada Ibu Hamil

Sebaliknya, Moderna turun dari 93 persen menjadi 92 persen saat dibandingkan pada dua periode yang sama.

Baik vaksin Moderna maupun Pfizer, keduanya sama-sama menggunakan teknologi berbasis versi sintetis molekul virus SARS-CoV-2 yang disebut messenger-RNA (mRNA). 

Metode vaksin mRNA adalah suatu teknik genetika khusus yang dibuat dengan memberikan suatu potongan protein spike yang biasa terletak di permukaan luar virus corona. 

Meskipun sama-sama menggunakan metode mRNA, mengapa perlindungan vaksin Moderna lebih tinggi dan tahan lama dibandingkan Pfizer?

Ilustrasi vaksin Pfizer
Ilustrasi vaksin Pfizer (AFP)
Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved