Breaking News:

Terkini internasional

Covid-19 Eropa Melonjak, Republik Ceko Berlakukan Lockdown bagi Warganya yang Tidak Divaksinasi

Republik Ceko mengumumkan bahwa negaranya akan memberlakukan lockdown bagi warganya yang belum divaksinasi, mulai minggu depan.

Penulis: Ronna Qurrata Ayun | Editor: Rizki A
SOUTH TYROL OUT/Austria OUT/GERT EGGENBERGER/STR
ILUSTRASI Lockdown - Republik Ceko berlakukan lockdown untuk warganya yang tidak divaksinasi - Dlam foto: Seorang petugas polisi Austria memberi isyarat ke arah pengemudi mobil selama kontrol lalu lintas di S. 

TRIBUNTERNATE.COM - Republik Ceko mengumumkan bahwa negaranya akan memberlakukan lockdown bagi warganya yang belum divaksinasi.

Aturan tersebut diadopsi Ceko dari negara-negara tetangganya, yakni Austria dan negara Bavaria di Jerman.

Aturan baru yang diumumkan pada Rabu (17/11/2021) ini membuat warga Ceko yang belum divaksinasi tidak akan bisa menghadiri acara publik, memasuki restoran, pub, atau layanan lainnya mulai minggu depan.

Hanya bukti vaksinasi lengkap atau bukti pernah terinfeksi Covid-19 dalam enam bulan terakhir yang akan diterima untuk bisa memasuki tempat-tempat tersebut.

Peraturan baru ini akan mulai efektif pada Senin (22/11/2021), setelah mendapat persetujuan dari pemerintah pada hari ini, Kamis (18/11/2021).

Mengutip Independent, Perdana Menteri Ceko, Andrej Babis mengklaim bahwa aturan baru itu diperlukan karena vakinasi adalah satu-satunya solusi untuk Covid-19.

Selain itu juga karena sebagian besar pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit Ceko adalah mereka yang tidak divaksinasi.

Langkah ini tentu saja akan menjadi kontroversi di negara dengan tingkat skeptisisme vaksin yang relatif tinggi seperti Ceko.

Baca juga: Menkes Tegaskan Vaksin Covid-19 Masih Efektif Atasi Varian Delta dan Turunannya: Kekebalan Cukup

Baca juga: Penentang Vaksin Covid-19 Seharusnya Bayar Sendiri Biaya Rumah Sakit Jika Terpapar Virus Corona

Sebagai informasi, baru ada kurang dari dua per tiga penduduk Republik Ceko yang sudah divaksinasi.

Pemerintah pun akhirnya terpaksa bertindak setelah jumlah kasus harian di Republik Ceko mencapai rekor tertingginya pada Rabu (17/11/2021).

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved