Breaking News:

Pengurus MUI Terjerat Kasus Terorisme, Pengamat Desak MUI untuk Mempertegas Fatwa tentang Terorisme

Ada pengurus MUI Pusat yang ditangkap Densus 88 Antiteror Polri, pengamat meminta MUI mempertegas Fatwa MUI tentang terorisme.

Editor: Rizki A
YouTube/Rohis Al-Mahkamah
Ahmad Zain An-Najah. Ada pengurus MUI Pusat yang ditangkap Densus 88 Antiteror Polri, pengamat meminta MUI mempertegas Fatwa MUI tentang terorisme. 

TRIBUNTERNATE.COM - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap salah satu anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Ahmad Zain An-Najah, pada Selasa (16/11/2021) terkait kasus terorisme.

Ahmad Zain An-Najah tidak sendiri, di tempat terpisah diamankan pula Ketua Umum Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI) Ustaz Farid Okbah dan seorang warga Bekasi bernama Anung Al-Hamad.

Ustaz Farid Okbah, Ahmad Zain An-Najah, dan Anung AL-Hamad diduga terlibat kelompok teroris Jemaah Islamiyah (JI).

Kini, ketiganya sudah resmi ditetapkan sebagai tersangka.

Pasca-penangkapan dan penetapan sebagai tersangka oleh Densus 88 Antiteror Polri, Dewan Pimpinan MUI pun menonaktifkan Ahmad Zain An-Najah dari kepengurusan.

Penangkapan anggota pengurus MUI Pusat oleh Densus 88 Antiteror Polri atas dugaan kasus terorisme ini pun mendapat tanggapan dari Pengamat Terorisme Universitas Indonesia (UI) Ridlwan Habib.

Menyikapi adanya penangkapan terkait perkara radikal tersebut, Ridlwan meminta kepada jajaran pimpinan MUI segera memperbaiki dengan mempertegas Fatwa MUI tentang terorisme.

"Hal itu menunjukkan JI hebat melakukan strategi kamuflase. Sudah saatnya Fatwa MUI tentang terorisme diperbaiki dengan lebih tegas," kata Ridlwan kepada Tribunnewscom, Kamis (18/11/2021).

Baca juga: MUI Nonaktifkan Ahmad Zain An-Najah dari Kepengurusan setelah Ditangkap Densus 88

Baca juga: Tetapkan Uang Kripto Haram dan Tidak Sah Diperjualbelikan, Ini Penjelasan MUI

Lebih lanjut, Ridlwan menilai, penangkapan yang dilakukan Tim Densus 88 terhadap Ustaz Ahmad Zain An-Najah dan beberapa pemuka agama lainnya, merupakan upaya yang baik bagi MUI.

Sebab dirinya beranggapan, penangkapan ini bisa menjadi pengingat bagi MUI untuk dapat melakukan screening terhadap anggota baru maupun para pengurus ke depannya.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved