Breaking News:

Virus Corona

Kreator AstraZeneca Sarah Gilbert Sebut Pandemi Covid-19 Belum Usai dan Mungkin akan Lebih Mematikan

"Yang benar adalah [pandemi] yang berikutnya bisa lebih buruk. Itu bisa lebih menular atau lebih mematikan atau malah keduanya," kata Sarah Gilbert.

Christof STACHE/AFP
ILUSTRASI Pandemi Covid-19 di dunia - Kreator AstraZeneca Sarah Gilbert menyebut bahwa pandemi Covid-19 masih belum usai dan pandemi berikutnya mungkin akan lebih mematikan. 

TRIBUNTERNATE.COM - Pembuat vaksin Oxford/AstraZeneca mengatakan bahwa pandemi virus corona yang telah menewaskan lebih dari 5 juta orang di seluruh dunia masih jauh dari selesai.

Bahkan, Prof Dame Sarah Gilbert mengatakan bahwa pandemi berikutnya bisa jauh lebih mematikan.

Peringatan tersebut dikatakan Sarah Gilbert mengingat ancaman dari virus corona varian Omicron yang dengan cepat bermutasi kini telah terdeteksi di lebih dari 30 negara di dunia.

Mengutip The Guardian, varian baru Covid-19 ini menyebar dengan cukup cepat di Inggris.

Aturan perjalanan baru di Inggris yang baru mulai berlaku pada Selasa (7/12/2021) pun dinilai terlambat dalam mencegah potensi gelombang infeksi.

Pada Minggu (5/12/2021), Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) telah melaporkan 86 kasus Omicron baru, sehingga total kasus yang diidentifikasi sejauh ini menjadi 246.

Dalam kuliah Richard Dimbleby ke-44, Sarah Gilbert menyatakan bahwa terlepas dari sifat destruktif pandemi dua tahun lalu yang telah menginfeksi lebih dari 265 juta orang, pandemi berikutnya mungkin akan lebih menular dan bahkan mengorbankan lebih banyak nyawa.

"Ini bukan kali terakhir virus mengancam hidup dan mata pencaharian kita," kata Gilbert.

"Yang benar adalah [pandemi] yang berikutnya bisa lebih buruk. Itu bisa lebih menular atau lebih mematikan atau malah keduanya," imbuhnya.

Baca juga: 7 Artis Ini Meninggal Terinfeksi Covid-19 di Tahun 2021: Jane Shalimar hingga Rina Gunawan

Baca juga: Ahli Perkirakan Kasus Covid-19 di Afrika Selatan Bakal Naik 3 Kali Lipat karena Varian Omicron

Lebih lanjut, Gilbert mengatakan bahwa kemajuan ilmu pengetahuan yang dibuat dan diperoleh dalam penelitian selama memerangi virus corona tidak boleh hilang.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved