Virus Corona

Hasil Penelitian Tunjukkan Tiga Dosis Vaksin Pfizer Ampuh Netralkan Varian Omicron

Studi laboratorium awal menunjukkan bahwa tiga dosis vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech mampu menteralkan virus corona varian Omicron.

Penulis: Qonitah Rohmadiena | Editor: Rizki A
Anadolu Agency
Logo Pfizer - Studi laboratorium awal menunjukkan bahwa tiga dosis vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech mampu melawan virus corona varian Omicron. 

TRIBUNTERNATE.COM - Studi laboratorium awal menunjukkan bahwa tiga dosis vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech mampu menetralkan virus corona varian Omicron.

Hal ini diungkapkan oleh Ozlem Tureci, salah satu pendiri BioNTech dalam sebuah konferensi pers.

“Tiga dosis vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech menetralkan varian omicron,” kata Tureci seperti dikutip dari Anadolu Agency.

Menurut Tureci, data awal perusahaan mereka menunjukkan bahwa tiga dosis vaksin Pfizer-BioNTech dapat memberikan antibodi yang cukup untuk gejala apa pun yang ditimbulkan oleh varian Omicron.

“Dataset awal dan pertama kami menunjukkan bahwa dosis ketiga masih dapat menawarkan tingkat perlindungan yang cukup dari penyakit dengan tingkat keparahan apa pun yang disebabkan oleh varian Omicron,” katanya.

Dia mengatakan bahwa vaksinasi yang luas dan kampanye booster di seluruh dunia dapat membantu melindungi orang di mana saja dengan lebih baik.

Selain itu, dengan diberikannya suntikan booster, masyarakat dapat bersiap untuk melewati musim dingin yang akan datang di belahan bumi utara.

Baca juga: BioAcumen Global Rilis PCR Kit Khusus Deteksi Omicron Pertama di Dunia, Seperti Apa Cara Kerjanya?

Baca juga: Khawatir Varian Omicron, Warga India Mulai Panik Minta Vaksin Booster

Baca juga: Sebagian Besar Kasus Omicron Terjadi pada Orang yang Sudah Vaksinasi Covid-19 Dosis Lengkap

Pfizer-BioNTech mengatakan pihaknya akan terus bekerja pada vaksin yang diperbarui yang mereka yakini dapat membantu menambah tingkat perlindungan yang tinggi terhadap Covid-19 yang disebabkan Omicron.

Selain itu, vaksin yang akan disesuaikan ini juga diharapkan memberiikan perlindungan yang lebih lama dibandingkan dengan vaksin yang beredar saat ini.

BioNTech dan Pfizer mengatakan dua dosis vaksin menghasilkan antibodi penetralisir yang secara signifikan lebih rendah.

Namun, dosis ketiga dari vaksin mereka meningkatkan antibodi penetral dengan faktor yang signifikan, faktor 25.

Pfizer mengatakan, pihaknya juga berharap dapat membuat vaksin khusus untuk menangkal varian Omicron pada Maret 2022, sambil menunggu otorisasi peraturan.

Sementara itu, sebelumnya, Moderna juga mengatakan perusahaannya sedang menyiapkan vaksin Covid-19 khusus untuk varian Omicron yang akan dirilis pada Maret 2022 mendatang.

Moderna siapkan vaksin khusus varian Omicron

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved