Breaking News:

Puncak Lonjakan Omicron Diprediksi Terjadi pada Awal Februari, Pemerintah Minta Masyarakat Waspada

Pemerintah memprediksi puncak gelombang ketiga Covid-19 akibat varian Omicron akan terjadi di Indonesia pada awal Februari 2022.

Kompas.com/Akbar Bhayu Tamtomo
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron 

TRIBUNTERNATE.COM - Pemerintah memprediksi puncak gelombang ketiga Covid-19 akibat varian Omicron akan terjadi di Indonesia pada awal Februari 2022.

Prediksi tersebut berdasarkan pengamatan dari lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron yang terjadi di negara lain, yaitu sekitar 40 hari setelah kasus pertama ditemukan, dan penularan Omicron ini lebih cepat dari varian Delta.

"Kita perkirakan puncak gelombang karena Omicron akan terjadi pada awal Februari," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam rekaman video, Selasa (11/1/2022).

Luhut meyakini, sebagian besar kasus Omicron akan bergejala ringan, sehingga strategi penanganannya berbeda dengan varian Delta.

Luhut mengatakan, Indonesia saat ini jauh lebih siap dalam menghadapi potensi gelombang varian Omicron.

Sebab, tingkat vaksinasi Covid-19 sudah lebih tinggi dan kapasitas testing dan tracing kita jauh lebih tinggi.

"Sistem kesehatan kita juga sudah lebih siap, baik dalam hal obat-obatan (termasuk molnupiravir dari Merck), tempat tidur RS, tenaga kesehatan, oksigen, dan fasilitas isolasi terpusat," ujarnya.

Baca juga: WHO: Vaksin Booster Covid-19 Berulang Bukan Strategi yang Tepat untuk Hadapi Varian Virus Corona

Baca juga: Jumlah Kasus Covid-19 Varian Omicron di Indonesia Bertambah Jadi 506 Kasus

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan tegaskan, meskipun angka kasus pandemi Covid-19 membaik, PPKM akan terus diperpanjang oleh pemerintah.
Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan tegaskan, meskipun angka kasus pandemi Covid-19 membaik, PPKM akan terus diperpanjang oleh pemerintah. (Instagram/Luhut Binsar)

Luhut meyakini, dengan kesiapan yang ada, kasus Covid-19 varian Omicron tidak akan meningkat setinggi negara lain.

Meski demikian, ia meminta seluruh masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

"Keberhasilan kita mengendalikan varian Omicron tidak mungkin dapat dicapai tanpa kerja sama semua pihak, terutama dalam menjalankan protokol kesehatan," pungkasnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved