Virus Corona

Penerima Vaksin Covid-19 Janssen J&J Satu Dosis Boleh Langsung Booster dengan Vaksin Moderna

Warga Indonesia yang telah menerima satu suntikan vaksin Covid-19 Janssen (J&J) bisa langsung mendapatkan vaksinasi lanjutan atau booster.

TRIBUNNEWS/JEPRIMA
ILUSTRASI Vaksinasi booster Covid-19 dengan jenis Janssen (J&J). 

TRIBUNTERNATE.COM - Warga Indonesia yang telah menerima satu suntikan vaksin Covid-19 Janssen (J&J) bisa langsung mendapatkan vaksinasi lanjutan atau booster.

Sebagai informasi, satu dosis vaksin J&J sama dengan dua dosis suntikan vaksin primer, sehingga orang yang divaksinasi dengan J&J bisa langsung melakukan vaksinasi booster tanpa suntikan dosis kedua.

Sesuai dengan SE Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI tentang Penambahan Regimen Vaksin COVID-19 dosis lanjutan, maka penerima vaksin Janssen dapat memperoleh vaksin booster jenis Moderna.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan, bagi masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin dengan jenis Janssen (J&J) satu dosis artinya sudah memperoleh vaksinasi lengkap.

“Jadi satu kali pemberian J&J sama dengan dua dosis pada vaksin lainnya,” kata dr Nadia dikutip dari pernyataan resminya di laman Sehat Negeriku, Sabtu (16/4/2022).

Selanjutnya, untuk pemberian vaksin booster dilakukan dalam rentang waktu 3 bulan setelah penyuntikan dosis pertama vaksin J&J.

Hal tersebut sudah diakomodasi dalam sertifikat vaksinasi warga terkait di aplikasi PeduliLindungi.

Baca juga: Penerima Vaksin Sinovac Lebih Mungkin Terinfeksi Covid-19 & 5 Kali Lipat Berisiko Alami Gejala Parah

Baca juga: Vaksin Covid-19 Dosis Keempat Hanya Mampu Melindungi Lansia dari Virus dalam Waktu Sebentar Saja

Untuk penerima vaksin J&J satu dosis akan tercatat bahwa vaksinasinya sudah lengkap di PeduliLindungi.

Apabila sudah lewat tiga bulan dari vaksinasi dosis pertama, maka penerima vaksin J&J sudah bisa mendapatkan tiket untuk vaksinasi booster dengan Moderna.

Setelah divaksinasi booster dengan Moderna, warga terkait akan secara otomatis mendapatkan sertifikat vaksin booster dari PeduliLindungi.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved