Kemenkes RI: Kasus Hepatitis Akut Misterius Mulai Menyebar ke Daerah

Juru bicara Kemenkes RI mengatakan beberapa laporan kasus hepatitis akut 'misterius' mulai menyebar ke daerah di Indonesia.

Editor: Rizki A
thailandmedical.news
ILUSTRASI pasien anak-anak di rumah sakit. 

TRIBUNTERNATE.COM - Pandemi Covid-19 belum usai, kini muncul penyakit hepatitis akut misterius.

Hepatitis akut ini disebut misterius karena tidak diketahui etiologinya (Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology) dan masih dalam investigasi atau pemeriksaan laboratorium.

Selain itu, penderita hepatitis akut misterius umumnya merupakan anak-anak.

Terkait penyakit yang baru merebak ini, Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) memberikan penjelasan mengenai penyebarannya di Indonesia.

Juru Bicara Kemenkes RI, dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan, beberapa laporan kasus hepatitis akut 'misterius' mulai menyebar ke daerah di Indonesia.

"Ada penambahan kasus tetapi belum confirm," katanya saat konferensi pers, Kamis (5/5/2022).

Kemenkes RI telah mengeluarkan edaran bahwa ada tiga anak di Indonesia yang diduga menjadi korban hepatitis misterius ini.

Tiga pasien anak yang dirawat di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta dengan dugaan hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya meninggal dunia dalam kurun waktu dua minggu.

Gejala yang ditemukan pada pasien-pasien ini adalah mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang dan penurunan kesadaran.

Nadia menegaskan, Kemenkes RI melakukan investigasi penyebab kejadian hepatitis akut ini melalui pemeriksaan panel virus secara lengkap.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved