Pemilu 2024

Bersua Kapolres, Bawaslu Ternate Koordinasi Pembentukan Gakumdu

Bawaslu Kota Ternate telah melakukan koordinasi dengan Polres Ternate, terkait pembentukan Gakumdu untuk menyambut Pilkada 2024.

Penulis: Amri Bessy | Editor: Munawir Taoeda
TribunTernate.com/Amri Bessy
PEMILU: Memasuki momentum Pemilu 2024, Bawaslu Ternate mulai melakukan koordinasi dengan pihak terkait, salah satunya Polres Ternate terkait pembentukan lembaga sentra penegakan hukum terpadu (Gakumdu), Jumat (5/8/2022). 

TRIBUNTERNATE.COM - Menyambut Pemilu 2024, Bawaslu Kota Ternate mulai melakukan koordinasi, dengan Polres Ternate soal pembentukan lembaga sentra penegakan hukum terpadu (Gakumdu).

"Alhamdulillah kami sudah bertemu Pak Kapolres, formatnya pembentukan Gakumdu juga sudah sampaikan, dan beliau merespon baik, "kata Ketua Bawaslu Kota Ternate, Kifli Sahlan, Jumat (5/8/2022).

Dijelaskan, terdapat beberapa hal yang disampaikan, yakni sinergitas dalam pelaksanaan Pemilu 2024, dan memperkuat koordinasi serta melakukan upaya-upaya pencegahan, sehingga proses Pemilu 2024 berjalan baik khususnya di Kota Ternate.

Terkait personel Gakumdu, sesuai aturan terdapat 31 maksimal 6 orang penyidik tingkat Polres, dan 6 orang penyidik di Kejari Ternate.

Baca juga: Ketua Bawaslu Ternate: Boleh Kampenye Pakai TikTok, Tapi Hanya 21 Hari

"Itu diluar dari penasehat pembina di masing-masing lembaga, kalau di Bawaslu Ketua, di Polres, Kapolres sedangkan Kejari adalah Pak Kajari, terus dilanjutkan kordinator ada anggota Bawaslu, Wakapolres dan pihak Kejari, "jelasnya.

Karena itu, sehari dua masing-masing lembaga akan menyodorkan nama, kemudian di SK-kan sesuai petunjuk yang diterima dari Bawaslu RI.

Baca juga: Pria ODGJ Diamankan Satpol PP Kota Ternate Karena Kerap Meminta Uang Kepada Pengunjung Mall

"Hari pertama koordinasi di Polres Ternate, selanjutnya akan dilanjutkan ke Kejari Ternate, dengan perihal yang sama, "jelasnya.

Final pembentukan sambung dia, menunggu pentunjuk teknis dari Bawaslu RI, karena Bawaslu RI masih tahap koordinasi dengan Mabes Polri, terkait sentra Gakumdu secara nasional.

"Soal Gakumdu hanya tiga lembaga yang dilibatkan, yakni Bawaslu, Polri dan Kejaksaan, tiga lembaga itu penanganannya pelanggaran pemilu, "tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved