Atasi Isu Boikot Pelabuhan Speedboat Mangga Dua Ternate, Kapolres Turun Temui Motoris

Kapolres Ternate, AKBP Andik Purnomo Sigit, bertemu langsung dengan para motoris dan Dishub Maluku Utara di ruang tunggu pelabuhan Speedboat

Penulis: Randi Basri | Editor: Mufrid Tawary
Tribunternate.com/Randi Basri
Pertemuan Kapolres Ternate, AKBP Andik Purnomo Sigit dan sejumlah motoris di pelabuhan Speadboat Mangga Dua, Minggu (4/9/2022 

TRIBUNTERNATE.COM - Kapolres Ternate, AKBP Andik Purnomo Sigit, bertemu langsung dengan para motoris dan Dishub Maluku Utara di ruang tunggu pelabuhan Speedboat Mangga Dua Ternate.

Pertemuan tersebut dimaksdukan untuk membahas isu adanya pemboikotan dari para motoris di kawasan pelabuhan Semut.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres mengatakan, semua tuntutan para motoris akan ditindaklanjuti oleh instansi yang bersangkutan.

"Tidak harus lakukan aksi. Kami juga berupaya untuk memenuhi kebutuhan minyak di Pelabuhan Semut," kata AKBP Andik Purnomo Sigit di hadapan para Motoris, Minggu (4/9/2022).

Disamping menindaklanjuti tuntutan motoris, Kapolres juga mengatakan, akan membicarakan soal tarif Speedboat untuk jalur laut pelabuhan Semut-Sofifi ibukota Maluku Utara.

"Kita juga bahas soal itu, tinggal kita tunggu SK dikeluarkan dari dinas terkait, karena semua sudah di sepakati dalam koordinasi," janjinya.

Baca juga: Sambil Duduk Melantai, Kapolres Ternate Janji akan Selesaikan Keluhan Para Motoris Speedboat

Baca juga: Bersua Kapolres, Bawaslu Ternate Koordinasi Pembentukan Gakumdu

Lanjut dia, dengan adanya kenaikan harga BBM di seluruh Indonesia berdampak pada seluruh kalangan masyarakat. Baik itu kalangan menengah  maupun kalangan bawah  di setiap Provinsi dan kabupaten/kota.

"Selain pertemuan koordinasi ini. Kami juga membagikan sembako untuk membantu kebutuhan ekonomi para motoris," tandasnya.

Terpisah, Sekertaris Dinas Perhubungan Provinsi Hi Alfian Wakanubun mengatakan, dengan adanya kenaikan BBM, tentu menjadi perhatian serius juga apalagi di moda transportasi.

Untuk itu dengan pertemuan koordinasi ini juga Dishub sendiri sudah merekomendasikan untuk menaikan tarif sementara sebesar Rp. 55 ribu per orang.

Namun, itu belum di sepakati secara regulasi, karena baru  sifatnya koordinasi sementara.

"Mungkin sebentar atau besok SK penetapan tarif juga sudah keluar,"ujarnya.

Kenaikan tarif sudah berdasarkan dengan keputusan menteri perhubungan nomor 57 tentang mekanisme formulasi perhitungan tarif.

"Insya Allah hari ini, kami akan keluarkan tarif transportasi,"paparnya. (*)

 

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved