Piala Dunia Qatar 2022

Negosiasi Gagal, Qatar Tolak Izin Pembukaan Kantor Konsulat Israel selama Piala Dunia 2022

Sumber Qatar mengonfirmasi kepada Alaraby Aljadeed bahwa permintaan pembukaan konsulat sementara ini datang melalui FIFA, bukan Israel.

Penulis: Rizki A. Tiara | Editor: Rizki A
Twitter/FIFAWorldCup
Piala Dunia 2022 Qatar - Qatar telah menolak permintaan Israel agar diizinkan untuk membuka konsulat sementara di wilayahnya selama Piala Dunia FIFA yang digelar pada 20 November-18 Desember 2022. 

TRIBUNTERNATE.COM - Jelang ajang sepakbola terbesar di dunia, Piala Dunia 2022, relasi antara Qatar dan Israel menjadi sorotan.

Terbaru, Qatar telah menolak permintaan Israel agar diizinkan untuk membuka konsulat sementara di wilayahnya selama Piala Dunia FIFA yang digelar pada 20 November-18 Desember 2022 mendatang.

Sebelumnya diberitakan bahwa pemerintah Israel juga mendesak Asosiasi Sepakbola Internasional (FIFA) supaya menekan Doha demi memuluskan izin bagi pembukaan konsulat sementara.

Menurut media Israel sebagaimana dikutip dari Doha News, negosiasi antara Qatar dan Israel dalam hal izin pembukaan konsuler telah gagal.

Kanal i24NEWS milik Israel mengklaim beberapa hari yang lalu bahwa pembicaraan rahasia antara Doha dan Tel Aviv tengah dilakukan.

Meski demikian, sumber-sumber Qatar mengonfirmasi kepada Alaraby Aljadeed bahwa permintaan pembukaan konsulat sementara ini datang melalui FIFA, bukan Israel.

Sumber yang sama juga membantah adanya kontak langsung antara Israel dan Qatar.

Piala Dunia Qatar 2022
Piala Dunia Qatar 2022 (asianews.it)

Baca juga: Agar Warganya Bisa Nonton Piala Dunia 2022, Israel Lakukan Pembicaraan Langsung dengan Qatar

Baca juga: Ini Usaha Qatar Amankan Piala Dunia 2022 dari Teroris hingga Potensi Konflik Warga Israel dan Iran

Baca juga: Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022, Qatar Disebut Tuai Banyak Kritikan Tak Berdasar Sejak 2009

Pada Juni 2022 lalu, FIFA mengumumkan bahwa sudah ada kesepakatan yang memungkinkan orang Israel untuk melakukan perjalanan dan menonton Piala Dunia di Qatar tanpa perlu visa.

Laporan tentang kantor konsuler untuk menangani segala urusan fans sepak bola dari Israel saat berada di Doha mengklaim bahwa, "Qatar menetapkan pembentukan negara Palestina untuk menormalkan hubungan dengan Israel."

Israel, sementara itu, sempat memiliki harapan untuk tetap membuka kantor konsuler di Qatar setelah turnamen Piala Dunia 2022 berakhir, dan dengan demikian memiliki pijakan tersendiri di Negara Teluk tersebut.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved