Breaking News:

Kemenkes RI Sebut Vaksin Covid-19 yang Ada Saat Ini Masih Efektif Tangkal Virus Corona Varian Baru

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes RI mengatakan, vaksin Covid-19 yang ada masih dianggap efektif menangkal virus corona varian B117.

europeanpharmaceuticalreview.com
ILUSTRASI vaksin Covid-19. 

TRIBUNTERNATE.COM - Pandemi virus corona penyebab penyakit Covid-19 di Indonesia sudah berlangsung selama satu tahun, sejak kasus infeksi pertama diumumkan pada 2 Maret 2020 lalu.

Bertepatan dengan satu tahun pandemi Covid-19 di Tanah Air, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono mengumumkan varian baru virus corona dari Inggris atau B117 telah masuk ke Indonesia, Selasa (2/3/2021).

Mutasi virus corona varian B117 dari Inggris ini ditemukan di Karawang, Jawa Barat. 

Virus corona varian B117 ini disebut 70% lebih menular dibandingkan dengan varian sebelumnya.

Baca juga: Slogan Benci Produk Asing Bisa Akibatkan Retaliasi, Peneliti INDEF Khawatir Ekspor Terdampak

Baca juga: Tanggapi Konflik Internal Partai Demokrat, Mahfud MD: Pemerintah Tak Bisa Larang KLB di Deli Serdang

Baca juga: Pesan Cinta Produk Dalam Negeri Disorot, Jokowi: Saya Ngomong Benci Produk Asing, Begitu Saja Ramai

Sejak varian baru virus corona ditemukan, dunia mencemaskan bagaimana efektivitas vaksin Covid-19 yang telah dikembangkan.

Sementara itu, ada beberapa jenis vaksin Covid-19 yang kini telah mengantongi izin penggunaan darurat, yakni Pfizer-BioNTech, Sinovac, dan Moderna.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, vaksin Covid-19 yang ada masih dianggap efektif menangkal virus corona varian B117.

"Jadi sampai saat ini kita ketahui bahwa WHO sendiri sudah mengatakan bahwa vaksin Covid-19 yang saat ini ada, yaitu vaksin Sinovac, vaksin AstraZeneca maupun lainnya, ini masih efektif untuk digunakan mengatasi pandemi Covid-19," ujarnya dilansir dari Tayangan YouTube Kompas.com, Sabtu (6/3/2021).

Lebih lanjut, Nadia mengatakan, hingga saat ini belum ada bukti penelitian yang mengatakan vaksin Covid-19 tidak berdampak pada varian virus corona B117 tersebut.

Ia menambahkan, pernyataan itu telah didukung oleh WHO.

Halaman
123
Editor: Rizki A
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved