Breaking News:

Virus Corona

WHO Desak Negara-negara di Dunia Tetap Gunakan Vaksin Covid-19 AstraZeneca

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendesak negara-negara di dunia untuk tetap memberikan suntikan vaksin Covid-19 AstraZeneca.

Penulis: Rizki A. Tiara | Editor: Ronna Qurrata Ayun
flickr
ILUSTRASI Vaksin Covid-19 dari AstraZeneca. 

TRIBUNTERNATE.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendesak negara-negara di dunia untuk tetap memberikan suntikan vaksin Covid-19 AstraZeneca.

Hal ini diungkapkan pihak WHO pada Jumat (19/3/2021), dikutip dari Channel News Asia.

WHO juga memberikan dukungannya kepada regulator Eropa dan Inggris atas vaksin AstraZeneca setelah adanya kekhawatiran tentang kasus penggumpalan darah.

"Kami mendesak negara-negara untuk terus menggunakan vaksin penting Covid-19 ini," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam sebuah konferensi pers di Jenewa, Swiss.

Tedros menyampaikan hal itu, setelah panel keamanan vaksin WHO mengatakan data yang tersedia mengenai vaksin AstraZeneca tidak menunjukkan peningkatan dalam kondisi penggumpalan darah secara keseluruhan.

Pada pekan ini, regulator Eropa dan Inggris juga mengatakan bahwa manfaat vaksin AstraZeneca lebih besar daripada risikonya.

Kedua regulator itu mendorong berbagai negara untuk mencabut penangguhan vaksin yang diproduksi di Inggris bekerjasama dengan Universitas Oxford tersebut.

Baca juga: Kasus Covid-19 Kembali Melonjak dalam 7 Pekan Terakhir, WHO: Mengecewakan, tapi Tidak Mengejutkan

Baca juga: WHO Sebut Wabah Covid-19 Bisa Berubah Jadi Endemik, IDI: Masih Hipotesis, Masih Dugaan

Baca juga: Studi di Denmark: Kasus Reinfeksi Covid-19 Jarang Ditemukan, tetapi Lebih Rentan Terjadi pada Lansia

ILUSTRASI Vaksin Covid-19 dari AstraZeneca.
ILUSTRASI Vaksin Covid-19 dari AstraZeneca. (flickr)

"Vaksin AstraZeneca sangat penting karena menyumbang lebih dari 90 persen vaksin yang didistribusikan melalui COVAX," tambah Tedros, mengacu pada skema pendistribusian vaksin global yang dipimpin WHO.

"Tidak diragukan lagi. Covid-19 adalah penyakit yang mematikan, dan vaksin Oxford-AstraZeneca dapat mencegahnya. Penting juga untuk diingat bahwa Covid-19 sendiri dapat menyebabkan penggumpalan darah dan trombosit yang rendah," lanjutnya.

Komite penasihat global WHO untuk keamanan vaksin mengatakan bahwa vaksin AstraZeneca memiliki "profil risiko-manfaat yang positif" dan "potensi luar biasa" untuk mencegah infeksi dan mengurangi kematian akibat Covid-19.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved