Breaking News:

VIDEO Kapal Ever Given di Terusan Suez Berhasil Dibebaskan, Lalu Lintas Maritim Resmi Dilanjutkan

Terusan Suez akhirnya dibuka kembali setelah kapal kontainer Ever Given yang menyumbatnya berhasil terbebas dan mengapung.

Suez Canal Authority via AP
Dalam foto yang dirilis Otoritas Terusan Suez (CSA), kapal Ever Given ditarik kapal penarik pada 29 Maret 2021. Terusan yang menjadi salah satu jantung perdagangan dunia itu dibuka lagi setelah kapal Ever Given dibebaskan. 

TRIBUNTERNATE.COM – Terusan Suez akhirnya dibuka kembali setelah kapal kontainer Ever Given yang menyumbatnya berhasil terbebas dan mengapung.

Kapal Ever Given di Terusan Suez berhasil dibebaskan pada Senin (29/3/2021).

Sebagaimana diketahui, Ever Given telah menyumbat Terusan Suez selama hampir sepekan setelah menyangkut di kanal itu pada Selasa (23/3/2021) pekan lalu.

Setelah Ever Given berhasil dibebaskan, lalu lintas pelayaran di salah satu kanal paling sibuk di dunia tersebut akhirnya bisa dilanjutkan kembali.

Siaran televisi menunjukkan, awak kapal penarik membunyikan klakson mereka untuk merayakan keberhasilan mengevakuasi Ever Given.

Kepala Otoritas Terusan Suez (SCA) Osama Rabie mengatakan, proses evakuasi Ever Given telah berhasil dilakukan setelah terdampar hampir sepekan lamanya.

Baca juga: Buntut Kapal Raksasa Tersangkut di Terusan Suez, 100 Kapal Antre hingga Harga Minyak Dunia Naik

Baca juga: Foto-foto Kapal Kontainer Ever Given Terjebak di Terusan Suez, Lalu Lintas Perdagangan Dunia Macet

Pihaknya lantas mengumumkan bahwa lalu lalu lintas maritim di Terusan Suez secara resmi dimulai kembali.

Ever Given telah menyumbat Terusan Suez selama hampir sepekan setelah menyangkut di kanal itu pada Selasa (23/3/2021) pekan lalu.

Dengan panjang 400 meter, Ever Given terdampar secara diagonal dengan haluan kapal menabrak sisi timur kanal dan buritan kapal tersangkut di sisi barat kanal.

Sebelum berhasil dievakuasi sepenuhnya, dilakukan beragam upaya termasuk mengeruk dan menggali sisi timur kanal yang menghubungkan Laut Merah dan Laut Mediterania tersebut.

Halaman
12
Editor: Rohmana Kurniandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved