Virus Corona

Penelitian: Vaksin Covid-19 Dosis Keempat Hanya Beri Sedikit Manfaat bagi Orang Dewasa Muda

Secara keseluruhan, suntikan keempat dinyatakan aman & menambah antibodi penetralisir penerima yang mampu memblokir Covid-19 agar tak menginfeksi sel.

Penulis: Ronna Qurrata Ayun | Editor: Rizki A
TRIBUNNEWS/JEPRIMA
ILUSTRASI Vaksinasi Covid-19 dosis tambahan. 

TRIBUNTERNATE.COM - Sebuah studi baru di Israel yang terbit pada 16 Maret 2022 di New England Journal of Medicine menyebut bahwa dosis keempat vaksin Covid-19 hanya memberi "manfaat kecil" bagi orang dewasa muda yang sehat.

Studi tersebut meneliti 270 petugas kesehatan di Pusat Medis Sheba di Tel Aviv yang menerima suntikan kedua vaksin Pfizer atau Moderna, dan empat bulan setelahnya mendapatkan booster Pfizer.

Masing-masing usia dicocokkan dengan dua peserta dalam kelompok kontrol yang hanya menerima tiga dosis Pfizer, dengan usia rata-rata dalam kelompok mulai dari pertengahan lima puluhan hingga awal enam puluhan.

Secara keseluruhan, suntikan keempat dinyatakan aman dan menambah antibodi penetralisir penerima, yang mampu memblokir Covid-19 agar tak menginfeksi sel.

Perlindungan suntikan keempat ini sebanding dengan dosis booster ketiga, sebelum tingkat antibodi mulai berkurang seiring waktu.

Penelitian ini dilakukan ketika penyebaran varian Omicron meluas di Israel.

Baca juga: Belum dapat Fatwa Halal, Panja DPR RI Desak Pemerintah Ujikan Vaksin Booster yang Tersedia ke MUI

Baca juga: Daftar Efek Samping Vaksin Booster dari Pfizer hingga AstraZeneca, Ini Cara Atasi Rasa Sakitnya

Baca juga: Uji Klinis pada Bayi 6 Bulan hingga Balita Hasilnya Baik, Moderna Ajukan Izin Vaksin Bayi dan Balita

Hasilnya, ditemukan bahwa vaksin dosis keempat tidak memberikan banyak perlindungan tambahan terhadap infeksi, meskipun terjadi pengurangan antibodi dari waktu ke waktu di antara orang-orang yang hanya menerima vaksin booster.

Jika dibandingkan dengan orang-orang yang mendapat vaksin booster ketiga, orang-orang yang mendapat suntikan keempat Pfizer, 30 persen lebih kecil kemungkinannya terinfeksi Covid-19.

Baca juga: Pfizer Sebut Orang Perlu Vaksin Covid-19 Dosis Keempat, Memang Benar Dibutuhkan atau Bisnis Belaka?

Baca juga: Perlindungan 3 Dosis Mulai Berkurang, Pfizer Ajukan Izin untuk Vaksin Covid-19 Dosis Keempat

Baca juga: Belum dapat Fatwa Halal, Panja DPR RI Desak Pemerintah Ujikan Vaksin Booster yang Tersedia ke MUI

Ilustrasi vaksin Pfizer
Ilustrasi vaksin Pfizer (AFP)

Sementara itu, orang-orang yang mendapat suntikan keempat dari Moderna 18 persen lebih kecil kemungkinannya untuk terinfeksi virus corona.

Perlu diingat, studi ini hanya melibatkan sejumlah kecil peserta dan bukan percobaan acak. Artinya, kesimpulan studi ini yang menyebutkan bahwa dosis keempat hanya memberikan manfaat kecil, harus ditafsirkan dengan hati-hati.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved