Breaking News:

Terkini Internasional

Vaksin Pertama untuk Melawan Malaria Telah Disetujui oleh WHO

Sebuah vaksin yang dikembangkan untuk melawan penyakit malaria telah disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Penulis: Rizki A. Tiara | Editor: Ronna Qurrata Ayun
Daily Mail UK
Ilustrasi suntikan vaksin. Vaksin RTS,S yang dikembangkan oleh GlaxoSmith Kline (GSK) itu dapat membangkitkan sistem kekebalan anak-anak untuk melawan Plasmodium falciparum, satu yang paling mematikan dari lima patogen malaria dan paling umum ditemukan di Afrika. 

TRIBUNTERNATE.COM - Sebuah vaksin yang dikembangkan untuk melawan penyakit malaria telah disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Diketahui, malaria merupakan salah satu penyakit infeksius yang mematikan sekaligus tertua di dunia yang diketahui.

Malaria telah menyebabkan sekitar 500 ribu kematian setiap tahunnya, dan hampir semua kasus terjadi di wilayah sub-sahara Afrika, termasuk rata-rata 260 ribu anak-anak di bawah usia lima tahun.

Dikutip dari Al Jazeera, vaksin malaria yang disebut RTS,S dan dijual dengan merek Mosquirix ini dikembangkan oleh pembuat obat Inggris GlaxoSmithKline (GSK).

Mosquirix menjadi vaksin melawan malaria yang pertama yang mendapat persetujuan oleh WHO.

Pada Rabu (6/10/2021), WHO menyebutkan bahwa vaksin untuk Malaria itu harus diberikan secara luas kepada anak-anak di wilayah Benua Afrika.

Vaksin ini diketahui dapat membangkitkan sistem kekebalan anak-anak untuk melawan Plasmodium falciparum, satu yang paling mematikan dari lima patogen malaria dan paling umum ditemukan di Afrika.

Adanya vaksin tersebut pun menandai sebuah progress besar dalam melawan penyakit malaria secara global.

Sejak 2019, 2,3 juta dosis Mosquirix telah diberikan kepada bayi-bayi di Ghana, Kenya, dan Malawi dalam program percontohan skala besar yang dikoordinasikan oleh WHO.

Mayoritas dari korban yang meninggal dunia akibat malaria berusia di bawah lima tahun.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved